IP

Jumat, 19 November 2010

Waspada, Nyandu Internet Beresiko Terkena Depresi

Sydney: Bila Anda gemar memasuki dunia maya, sebaiknya mulai waspada karena hasil penelitian menyebutkan pecandu internet satu setengah kali beresiko terkena depresi terutama kalangan remaja. Demikian dikatakan ilmuwan Lawrence Lam di Beijing, Cina, Selasa (2/8).

Dalam jurnal kesehatan Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine, Lam mengatakan sebagian remaja menghabiskan waktu sedikitnya 10 jam lebih per hari. Kebanyakan dari mereka "keasyikan" berselancar di dunia internet melakukan chatting ataupun bermain games. Namun, gangguan muncul ketika remaja tersebut tidak mengakses internet untuk beberapa saat.

"Mereka tak dapat mengalihkan perhatian mereka dari Internet, dan merasa terganggu jika harus meninggalkan jejaring tersebut walau sesaat," kata Lowrence yang psikolog dari Universitas of Notre Dame. 

Lam juga mengingatkan jika tidak segera diantisipasi remaja bisa tidak mau berinteraksi dengan teman sebaya, saudara, hingga orang tua mereka. Hal ini berdasarkan penelitian yang melibatkan 1.041 remaja berusia antara 13 dan 18 tahun di kota Guangzhou di China selatan.

Sementara ahli kesehatan Cina Zi-wen Peng dari Universitas Sun Yat-Sen juga mengamini pernyataan tersebut, Sen menduga depresi diakibatkan berkurangnya jam tidur karena remaja tersebut kecanduan berselancar di dunia maya.

0 komentar:

Posting Komentar

".....ME......" © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute